Thursday 11 July 2013

Kisah 4



Sedekah yang  Diterima

Ada seorang lelaki berkata, “Sungguh, saya akan bersedekah.” Lalu dia mengeluarkan sedekahnya, dan ternyata sedekah itu sampai ke tangan seorang pencuri. Maka, pagi harinya orang-orang memperbincangkannya, “Semalam ada seorang pencuri diberi sedekah.” Lalu lelaki tersebut berkata, “Ya Allah, segala puji bagi-Mu. Sungguh, saya akan bersedekah lagi.”


Selanjutnya dia mengeluarkan sedekahnya lagi, dan ternyata sedekah itu sampai ke tangan seorang perempuan pezina. Maka, pagi harinya menjadi buah bibir di kalangan banyak orang, “Semalam ada seorang perempuan pezina diberi sedekah.” Lalu lelaki tersebut berkata, “Ya Allah, segala puji bagi-Mu. Sedekah itu ternyata jatuh ke tangan perempuan pezina. Sungguh, saya akan bersedekah lagi.”

Kemudian dia mengeluarkan sedekahnya lagi, dan ternyata sedekah itu sampai ke tangan orang kaya. Kemudian di pagi harinya, hal itu menjadi pembicaraan orang banyak, “Semalam ada orang kaya diberi sedekah.”Lalu dia mengatakan, “Ya Allah, bagi-Mu segala puji. Sedekah itu ternyata jatuh ke tangan pencuri, perempuan pezina, dan orang kaya.”


Kemudian dia didatangi (di dalam mimpi) dan dikatakan kepadanya, “Sedekahmu kepada pencuri barang kali menjadikannya menjaga diri dari mencuri. Sedekahmu kepada perempuan pezina barang kali menjadikannya menjaga diri dari perbuatan zina. Sedangkan sedekahmu kepada orang kaya, barang kali membuatnya dapat mengambil pelajaran, sehingga dia mau menginfakkan sebagian dari apa yang telah dikaruniakan oleh Allah kepadanya.”

(Bersumber pada hadits Rasulullah s.a.w. yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim)

No comments:

Post a Comment