Thursday 11 July 2013

Kisah 5



Putusan Hukum yang Tepat

Dua orang perempuan bersama kedua anaknya sedang keluar rumah. Tiba-tiba seekor serigala menyerang dan memangsa salah seorang dari kedua anak mereka. Lalu kedua perempuan tersebut bertengkar mengenai anak yang masih selamat. (Masing-masing mengklaim bahwa anak yang masih selamat adalah anaknya). Lantas keduanya pun mengadukan masalah ini kepada Nabi Daud a.s. Beliau bertanya, “Bagaiman duduk perkara kalian berdua?” Lalu keduanya menceritakan kronologisnya kepada Nabi Daud. Kemudian Nabi Daud memutuskan bahwa anak tersebut bagi perempuan yang lebih tua.

Namun mereka berdua masih bertengkar, hingga keduanya mengadu kepada Nabi Sulaiman a.s. Lalu beliau berkata, “Tolong ambilkan saya pisau. Saya akan membelah bayi ini menjadi dua bagian. Masing-masing dari kalian berdua akan mendapat separuh bagian..”
Kontan perempuan yang lebih muda berkata, “Apakah engkau akan membelahnya wahai Nabi Allah?” Beliau menjawab, “Iya.” Perempuan tersebut merengek, “Jangan engkau lakukan! Biarkan bagianku yang separuh saya berikan kepada perempuan yang lebih tua.” Lalu Nabi Sulaiman berkata, “Ambillah anak ini. Dia anakmu.”

Nabi Sulaiman memutuskan bahwa bayi tersebut adalah anak dari perempuan yang lebih muda.1

(Bersumber pada hadits Rasulullah s.a.w. yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim)



______________________________
1.      Karena rasa khawatir perempuan yang lebih muda dan keinginannya yang kuat agar si anak selamat menunjukkan bahwa dialah yang jujur

No comments:

Post a Comment